Sebenarnya, perubahan bentuk tubuh setelah berumur tidak hanya dipengaruhi karena sudah pernah melahirkan. Faktanya, setelah usia 40 tahun metabolisme tubuh akan melambat hingga mencapai 5%. Dan akan terus melambat sebanyak 5% setiap 10 tahun setelahnya.

Dengan aktifitas yang sama, wanita usia 40 tahun ke atas sebaiknya mengurangi asupan skitar 100 kalori harian setelah mencapai usia 40 tahun. Tidak hanya untuk menjaga berat badan, hal ini juga untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Tips Diet Usia 40 Tahun ke Atas

Mengurangi berat badan pada usia ini juga bukanlah hal yang mustahil. Berikut adalah beberapa tips diet untuk usia 40 tahun ke atas:

1. Buatlah Target yang Realistis

Saat usia sudah mencapai 40 tahun ke atas, Anda harus meninggalkan diet ekstrim dan tidak sehat. Serta harus mulai menghentikan konsumsi pil diet atau suplemen penurun berat badan. Pada usia Ini kunci penurunan berat badan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat yaitu mengubah pola makan serta berolahraga dengan benar.

2. Melakukan Olahraga dengan Benar

Jika sebelum usia 40 tahun Anda melakukan olahraga kardio selama 30 menit sehari. Ketika Anda mencapai usia 40 tahun, kardio 30 menit sehari tidak akan cukup membakar kalori. Lakukan 4 – 5 sesi latihan ketahanan dalam seminggu. Latihan ketahanan yang dapat Anda coba Antara lain: step-up, crunch, bird dog, dan push-up. Latihan ini akan menjaga massa otot dan juga membakar lebih banyak kalori. Selain latihan ketahanan Anda juga harus membiasakan diri berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari.

3. Patuhi Jadwal Makan Harian dengan Menu Sehat

Untuk memastikan metabolisme tubuh berjalan dengan baik, jangan pernah melewatkan jadwal makan. Yang paling penting adalah, jangan pernah meninggalkan sarapan. Sarapan Akan membuat tubuh Anda bekerja dengan baik sepanjang hari.

Selain jadwal makan, ubahlah isi piring Anda menjadi lebih sehat. Pilihlah makanan bernutrisi dan juga perbanyak mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan. Anda juga harus mulai mengurangi konsumsi makanan olahan.

4. Cukup Istirahat

Salah satu proses pembakaran kalori terbanyak adalah ketika kita tidur. Yaitu saat dini hari. Ketika tidur tubuh juga banyak memproduksi hormon pencegah kanker. Itulah sebabnya untuk mensukseskan program diet dan menjaga tubuh tetap sehat Anda harus tidur dalam waktu yang cukup.

Ketika kurang tidur, otak akan terdorong untuk membuat keputusan buruk seperti makan junk food atau melewatkan olahraga. Agar tidur lebih berkualitas hentikan penggunaan ponsel dan komputer setidaknya 1 jam sebelum Anda beranjak tidur.

5. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Kebutuhan tubuh anak air putih wajib dipenuhi. Karena air putih menjaga aar metabolisme berjalan denan baik. Selain itu air putih juga akan memadamkan rasa lapar palsu yang terkadang muncul, sehingga nafsu makan lebih terjaga.

Selain itu, air putih juga membantu membakar kalori karena tubuh akan memanaskan air putih menggunakan kalori untuk menyamakan suhunya dengan suhu tubuh.