adplus-dvertising
Sunday , September 25 2022
Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Inilah 11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak direkomendasikan. Karena berenang merupakan jenis olahraga kardio yang dpaat dilakukan oleh segala usia dan juga reatif aman, bahkan untuk orang dengan gangguan tulang dan juga sendi.

Perlu diketahui, pada olahraga air yang satu ini terdapat macam macam gaya renang yang sering digunakan. Masing-masing gaya renang ini memiliki manfaat utama yang berbeda. Namun penggunaan gaya renang ini juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing agar tidak mengakibatkan cidera atau kelelahan yang berlebihan.

Beragam Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Berenang dipercaya dapat menyehatkan jantung, memperbaiki metabolisme hingga menurunkan berat badan. Namun inilah beberapa manfaat nyata berenang secara rutin bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagai salah satu jenis olahraga kardiovaskular tentu saja manfaat berenang adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Berenang akan memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan penyerapan serta penggunaan oksigen dalam tubuh, terutama jika Anda berenang dengan menggunakan gaya katak.

2. Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya semua gaya dalam berenang dapat menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori, bahkan mencapai 900 kalori jika Anda menggunakan gaya kupu-kupu. Itulah sebabnya berenang bisa menjadi olahraga yang efektif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Membangun Massa Otot

Saat berenang semua otot dalam tubuh bergerak, karena harus melawan tekanan dalam air. Hal ini akan menjadikan otot Anda lebih lentur. Berenang juga mampu membangun dan menambah massa otot Anda.

4. Mengurangi Stres

Berenang dengan santai, terutama menggunakan gaya katak akan membuat semua otot Anda rileks. Secara tidak langsun hal ini akan mengurangi stres da membuat tubuh serta pikiran Anda lebih nyaman.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi orang yang berenang secara rutin biasanya kualitas tidurnya juga cenderung lebih baik. Dan juga terhindar dari risiko Indomsia.

6. Meredakan Radang Sendi

Berenang juga sangat cocok bagi lansia dan Anda yang menderita radang sendi. Berenang secara perlahan dan santai terbukti efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi.

7. Mengatasi Kondisi Saraf Kejepit

Pada umumnya penderita syaraf kejept akan menghindari pergerakan terlalu banyak dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbaring. Hal ini akan menimbulkan efek yang tidak baik karena otot akan melemah dan persendiran akan menegang serta kaku.

Salah satu aktivitas yang aman dilakukan oleh penderita syaraf kejepit adalah berenang. Bahkan selain menguatkan otot berenang bisa membuat bagian punggung dan tilang belakang Anda menjadi lebih rileks.

8. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Berenang dengan santai, terutama menggunakan gaya dada akan meningkatkan metabolisme dala tubuh sehingga pembakaran karbohidrat dan lemak cadangan berlangsung lebih optimal dan gula darah Anda cenderung menjadi lebih stabil.

9. Membentuk Postur Tubuh

Bagi Anda yang memiliki postr tubuh kurang baik karena kebiasaan. Sebaiknya Anda rutin melakukan renang. Berenang terbukti menjadikan badan menjadi lebih tegap dan tulang belakang menjadi kembali seperti semula.

10. Meninggikan Badan

Berenang mengharuskan Anda untuk menggerakan kaki dan tangan secara berulang. Dalam hal ini semua tulang dan otot akan bekerja dan tertarik. Bagi anak-anak atau remaja yang masih dalam pertumbuhan. Berenang bisa digunakan sebagai terapi untuk menambah tinggi badan. Tentu saja dengan didukung oleh asupan nutrisi yang baik.

11. Meredakan Asma

Saat berenang pari-paru akan ikut bekerja secara optimal. Hal ini terbukti dapat meredakan gejala asma yang sering muncul. Baik pada anak-anak ataupun orang dewasa.