Piknik atau wisata merupakan salah satu melepaskan penat dari kesibuka dan rutinitas harian yang kadang membosankan. Selain itu, wisata juga bisa diguakan untuk mengurangi stres sekaligus memanjakan diri Anda.

Salah satu jenis wisata yang seru dan mengasyikkan adalah wisata di alam terbuka, seperti hutan, gunung dan perbukitan. Selain pemandangan indah yang disajikan, piknik di alam liar juga memberiakn kesegaran serta petualangan dan tantangan yang berbeda.

Tips Wisata di Alam Terbuka

Agar acara wisata Anda dapat berjalan dengan aman, nyaman dan penuh keseruan, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan wisata di alam terbuka.

1. Pilih Musim yang Tepat

Menikmati keindahan alam terbuka akan terasa maksimal dan memuaskan jika dilakukan di musim kemarau. Selain suhu udara yang tidak terlalu dingin, di musim kemarau Anda akan terhindar dari hujan sehingga Anda akan dapat berwisata dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, di musim kemarau alas atau tanah yang Anda pijak juga lebh stabil, keras dan tidak becek sehingga Anda akan merasa aman dan tidak takut terpeleset.

2. Bawa Obat Pribadi

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, maka jangan lupakan obata-obatan Anda. Begitu pula jika Anda mengajak anak Anda.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk membawa kebutuhan P3K sekedar guna berjaga-jaga saja jika terjadi sesuatu.

3. Pelajari Jalur & Medan

Jika Anda berwisata di alam terbuka yang cukup menantang, sebaiknya Anda pahami dan pelajari dahulu medannya. Misalnya saja jika Anda memilih gunung, hutan, ataupun susur sungai.

Persiapkan pula jalur peta petualangan Anda dan juga kompas, agar tidak tersesat dan sampai dengan selamat.

4. Persiapkan Bekal

Agar aktivitas Anda di alam terbuka tidak terganggu, sebaiknya Anda persiapkan dengan baik bekal makanan, camilan dan minuman.

Selain itu, bawa juga jaket atau pakaian tebal jika Anda piknik di tempat dengan suhu yang sangat dingin.

5. Jangan Merusak Alam

Ketika Anda menikmati keindahan alam liar, pastikan Anda tidak merusak lingkungan.

Buanglah sisa sampah Anda pada tempatnya, atau jika tidak ada tempat sampah bawa sampah tersebut hingga menemukan tempat sampah.

Selain itu, jangan memetik bunga, daun, merusak tanaman serat mencorat-coret batu karena itu merupakan perbuatan yang tidak bertanggung jawab.