Thursday , June 13 2024
Beda Jenis Kantong Plastik Sampah dan Harganya

Beda Jenis Kantong Plastik Sampah dan Harganya

Kantong plastik sampah sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bayangkan jika tidak ada kantong plastik sampah, kamu pasti akan kesulitan mengumpulkan sampah di sekitar dan mengangkutnya ke tempat pembuangan sampah (TPS).

Dilansir dari PT. Fortuna Inti Plasindo, pabrik yang jual kantong plastik sampah terbaik di Tangerang, kantong plastik sampah adalah kantong pembungkus dengan ukuran dan ketebalan khusus untuk menampung sampah. Biasanya, kantong plastik sampah terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyethylene) atau PET (Polyethylene Terephthalate).

Kantong plastik untuk kebutuhan rumah tangga dan medis tentu berbeda. Supaya tidak salah pilih, yuk, simak perbedaan kantong plastik sampah pada artikel ini.

5 Jenis Kantong Plastik Sampah

Berdasarkan warnanya, terdapat lima jenis kantong plastik sampah dan kegunaannya, yaitu:

1. Kantong Plastik Sampah Hitam

Trash bag hitam merupakan kantong plastik sampah untuk menampung limbah non-medis, misalnya sampah kardus, plastik, dan sisa makanan dari rumah tangga umum.

Pada penggunaannya, kantong plastik sampah hitam juga diletakan sesuai kategori tong sampah: organik, anorganik, dan mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3).

2. Kantong Plastik Sampah Kuning

Sementara itu, kantong plastik sampah kuning khusus dirancang untuk menampung limbah infeksius dan patologi. Limbah infeksius adalah limbah yang berasal dari pasien yang memiliki penyakit menular dan membutuhkan isolasi.

3. Kantong Plastik Sampah Merah

Khusus limbah radioaktif, kantong plastik yang digunakan yaitu berwarna merah. Limbah radioaktif mengandung racun dan berbahaya bagi makhluk hidup.

Beberapa contoh limbah radioaktif, yaitu peralatan nuklir dan binatang hasil percobaan laboratorium. Limbah tersebut dapat membawa penyakit serius, sehingga penampungannya dikhususkan pada kantong plastik warna merah.

4. Kantong Plastik Sampah Coklat

Lalu, untuk memisahkan limbah farmasi, seperti obat-obatan kadaluarsa, bahan kimia laboratorium, dan bekas kemasan obat, menggunakan kantong plastik sampah coklat.

Kantong ini harus terbuat dari plastik tebal dan kedap udara untuk mencegah kebocoran dan kontaminasi.

5. Kantong Plastik Sampah Ungu

Limbah sitotoksis adalah limbah yang berasal dari penggunaan peralatan dan pengobatan kemoterapi. Limbah sitotoksis juga beracun, karena itu penampungannya harus di kantong plastik sampah khusus berwarna ungu.

Kantong plastik warna ungu untuk sitotoksis harus terbuat dari plastik multi-lapis yang sangat kuat dan kedap udara.

Dari penjelasan di atas, kantong plastik sampah khusus medis terdiri dari warna kuning, merah, coklat, dan ungu. Sementara kantong plastik khusus sampah rumah tangga yaitu berwarna hitam.

Harga Kantong Plastik Sampah

Harga kantong plastik sampah bervariasi, tergantung dari warna, ukuran, dan ketebalan. Berikut perkiraan harga jual kantong plastik sampah, yaitu:

  • Kantong plastik sampah hitam: Ukuran 60 x 100 cm Isi 10 lembar dan ketebalan 50 micron, berkisar Rp24.000an
  • Kantong plastik sampah kuning: Ukuran 60 x 100 cm isi 15 lembar dan ketebalan 50 micron, berkisar Rp20.000an
  • Kantong plastik sampah merah: Ukuran 60 x 100 cm isi 5 lembar dan ketebalan 60 micron, berkisar Rp15.000an
  • Kantong plastik sampah coklat: Ukuran 60 x 100 cm isi 5 lembar dan ketebalan 60 micron, berkisar Rp15.000an
  • Kantong plastik sampah ungu: Ukuran 60 x 100 cm isi 5 lembar dan ketebalan 60 micron, berkisar Rp15.000an

Cara Memilih Kantong Plastik Sampah yang Sesuai

Memilih kantong plastik sampah yang tepat sangat penting untuk memastikan pembuangan sampah yang aman dan bertanggung jawab, terutama untuk sampah medis dan non-medis yang memiliki risiko bahaya yang berbeda. Berikut caranya:

  1. Pilihlah kantong plastik sampah yang cukup tebal untuk menahan berat sampah dan mencegah kebocoran.
  2. Sesuaikan ukuran dengan tempat
  3. Jika memungkinkan, pilihlah kantong plastik sampah yang terbuat dari bahan daur ulang atau yang dapat didaur ulang.