Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat kebiasaan yang bahkan sudah kita ketahui semenjak entah kapan dan beberapa diantaranya bahkan mungkin belum pernah kita lakukan. Beberapa kebiasaan ini sebenarnya salah, namun nampak benar karena sudah tertanam.

Hal ini membuat Anda bahkan tidak berpikir tentang apakah kebiasaan yang beberapa tidak terdengar masuk akal ini adalah hal yang benar atau tidak.

Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Inilah beberapa kebiasaan salah yang sudah membudaya, padahal dapat berisiko mengganggu kesehatan, antara lain:

1. Mengoleskan es Batu pada Luka Memar

Ketika memar kebanyakan orang mengoleskan es batu secara langsug ke bagian tersebut. Kebiasaan ini sebenarnya salah kaprah karena dapat menimbulkan radang dingin dan juga mengurangi aliran darah ke bagian memar sehingga lama sembuh.

Yang sebaiknya dilakukan adalah membungkus es dengan handuk atau kain tebal sebelum mengompresnya pada area memar, pengompresan ini juga sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 10 menit.

2. Menghisap Racun Ketika Digigit Ular

Ketika seseorang tergigit ular, banyak yang menganjurkan untuk menghisap racunnya. Bahkan hal ini terdapat dalam beberapa adegan film. Hal ini sebenarnya salah. Karea darah terus beredar dan menghisap bagian yang luka tidak banyak membantu mengeluarkan racun.

Yang sebaiknya dilakukan adalah mengikat erat bagian atas luka yang mengarah ke jantung dan posisikan jantung selalu lebih tinggi ketika evakuasi untuk sedikit menghambat racun sapai ke jantung. Lakukan evakuasi secepat mungkin untuk mencapai fasilitas kesehatan terdekat.

3. Meniup Makanan & Minuman Panas

Meniup makanan dan minuman sebenarnya sangat berbahaya. Karena CO2 yang kita hasilkan dapat masuk pada makanan dan minuman serta membahayakan keehatan.

Meniup makanan dan minuman sebelum menyuapkannya pada anak justru lebih berbahaya karena kita berpoensi memasukkan bakteri dan virus yang menempel saat kita meniup makanan tersebut.

Yang sebaiknya dilakukan adalah menunggu sebentar sampai makanan dan minuman tersebut menjadi hangat dan tidak terlalu panas.

4. Menepuk Punggung Orang yang Tersedak

Ketika seseorang tersedak, kebanyakan reflek adalah menepuk punggungnya. Karena hal tersebut sudah masuk dalam ingatan bawah sadar kita. Padahal hal tersebut justru dapat berakibat fatal bagi orang yang tersedak. Karena justru membuat benda yang membuat tersedak masuk makin dalam ke saluran nafas.

Yang sebaiknya dilakukan adalah mencondongkan badan orang yang tersedak ke arah depan dan buat agar orang tersebut batuk. Jika tidak berhasil, berikan pukulan diantara tulang belikat dalam posisi tetap condong.

Atau Anda juga dapat memeluk orang yang tersedak dari bagian belakang, kemudian tekan pada bagian dada hingga paru-paru tertekan dan orang yang tersedak terbatuk keras.

5. Langsung Mengangkat Orang yang Pingsan

Ketika Ada seseorang yang pingsan, biasanya akan secara langsung diangkat untuk pertolongan pertama. Seseorang pingsan atau black out karena tekanan darah turun secara tiba-tiba dan tidak mencapai otak. Ketika langsung diangkat maka justru menghalangi masuknya aliran darah ke otak.

Yang seharusnya dilakukan adalah membuat kepala orang tersebut lebih rendah dari dadanya. Buatlah orang tersebut duduk dan membungkuk atau baringkan dengan posisi kepala lebih rendah.