AC merupakan salah satu perangkat yang keberadaannya di dalam mobil menjadi sangat penting. Berkat adanya AC, penumpang menjadi lebih nyaman saat berkendara.

Meskipun sangat penting, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui apa saja komponen ac mobil dan untuk apa fungsinya.

Macam-macam Komponen AC Mobil & Fungsinya

Macam macam Komponen AC Mobil dan Fungsinya

Berikut ini adalah beragam komponen di dalam AC mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Kompresor

Komponen dalam AC mobil yang pertama adalah kompresor. Kompresor merupakan komponen utama pada AC mobil yang berfungsi memompa freon agar dapat disalurkan ke seluruh bagian sistem AC. Adapun kompresor ini memiliki dua bagian terpenting, yakni saluran hisap dan saluran buang.

2. Kondensor

Komponen berikutnya adalah kondensor. Adapun kondensor ini berfungsi sebagai pendingin yang cara kerjanya adalah dengan melepaskan panas dari freon. Tugas dari kondensor ini dapat berjalan dengan baik berkat adanya cooling fan.

3. Receiver Dryer

Komponen AC mobil yang ketiga adalah receiver dryer. Fungsi utama dari komponen ini adalah menyaring kembali berbagai kotoran yang masuk ke dalam sistem AC mobil.

4. Expansion Valve

Pada AC mobil juga terdapat expansion valve. Di mana fungsi dari expansion valve ini sendiri adalah mengubah freon dari bentuk cair menjadi gas melalui proses spraying.

5. Evaporator

Masih berhubungan dengan expansion valve, ada lagi komponen yang bernama evaporator. Setelah freon keluar dari expansion valve, maka akan menuju evaporator.

Di sinilah akan terjadi pendinginan sehingga AC mobil dapat menghasilkan udara yang sejuk dan menyegarkan. Adapun evaporator ini kerap kali disebut dengan nama filter AC mobil.

6. High Pressure Hose & Low Pressure Hose

Berikutnya ada komponen kakak beradik yakni High Pressure Hose dan Low Pressure Hose. Fungsi utama High Pressure Hose sebagai saluran yang menjadi tempat freon cair untuk mengalir dengan tekanan tinggi.

Sementara itu, Low Pressure Hose memiliki tugas menyalurkan freon yang sudah berbentuk gas dari komponen evaporator kembali lagi ke bagian kompresor.

7. Cooling Fan

Komponen AC mobil yang selanjutnya adalah cooling fan. Komponen yang satu ini memiliki fungsi mendinginkan bagian kondensor pada AC mobil yang letaknya berada di dekat radiator mobil.

8. Blower

Berikutnya ada blower yang bentuk yang mirip dengan cooling fans. Adapun blower berfungsi untuk menghembuskan udara yang melalui evaporator. Dengan kata lain, blower menjadi ventilator dari sebuah sistem ventilasi di dalam mobil.

9. Freon

Komponen penting pada AC mobil yang berikutnya adalah freon. Adapun freon ini berfungsi sebagai refrigerant, yakni sebuah gas khusus yang memiliki suhu normal sangat dingin.

10. Magnetic Clutch

Komponen AC mobil yang selanjutnya adalah magnetic clutch. Komponen yang satu ini berfungsi mengatur waktu yang tepat bagi kompresor agar dapat bekerja dengan baik walaupun pulley pada mesin tetap berputar.

11. Thermostat

Komponen lainnya di dalam AC mobil yang juga krusial tugasnya adalah thermostat. Komponen ini bertugas untuk memberikan sinyal secara otomatis terkait kondisi temperatur yang terdapat dalam kabin ke bagian kompresor.

12. Pressure Switch

Piranti selanjutnya yang ada di AC mobil adalah Pressure Switch atau Press Switch. Komponen ini mempunyai sensor liquid yang dapat bekerja secara otomatis berdasarkan tekanan yang diberikan.

13. Relay

Selanjutnya, komponen AC mobil yang tidak kalah pentingnya adalah relay. Tugas utama dari komponen ini adalah mengalirkan arus listrik dari magnetic clutch, blower, dan komponen lainnya, sehingga tidak terjadi kerusakan yang dapat menyebabkan AC mobil tidak dapat bekerja secara optimal.