Thursday , June 13 2024
Cek Hal Berikut Agar Mobil BMW Kamu Tahan Lama

Cek 8 Hal Berikut Agar Mobil BMW Kamu Tahan Lama

Mewah dan mahal sepertinya adalah dua istilah yang tepat untuk menggambarkan mobil BMW. Image ini sangat melekat berkat desainnya yang classy, kualitas mesin yang terbukti mantap, kabin premium, dan sederet fitur canggih yang dibawanya.

Mengingat bahwa mobil ini berasal dari Jerman, maka biaya ganti sparepart-nya tidak bisa dibilang murah jika terjadi kerusakan. Agar mobil BMW selalu dalam kondisi prima, kamu perlu melakukan perawatan berkala seperti berikut ini.

Cara Merawat Mobil BMW Berbagai Varian

1. Jangan Abaikan Manual Book!

Manual book dibuat bukan untuk kamu abaikan, karena itu kamu wajib membacanya lembar demi lembar dan pahami apa yang ada di dalamnya, terutama jika ini adalah mobil BMW pertama kamu.

Ada berbagai informasi penting di dalamnya mulai dari garansi, instruksi keselamatan, instalasi dan pengaturan fitur, cara perawatan yang benar, hingga spesifikasi umum produk dan identifikasi masalah. Kamu pun bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli dari manual book.

2. Parkir di Tempat Teduh

Jika tidak ada ruang garasi di rumah, maka buatlah carport agar mobil BMW kamu selalu berada di tempat teduh. Hindari memarkir di area yang terkena sinar matahari langsung dan hujan agar body mobil bisa tahan lama.

3. Jangan Malas Mencuci

Debu dan kotoran yang menempel pada mobil bukan hanya membuat cat cepat kusam tapi juga membuat korosi. Karena itu, kamu wajib mencuci mobil secara rutin minimal 1x sebulan.

4. Pakai Secara Benar

Selain menjaga kebersihan, usia komponen mobil juga sangat bergantung pada cara penggunaan. Hindari menggunakan mobil secara kebut-kebutan, matikan AC dan audio saat mesin mobil mati, ganti oli secara rutin, gunakan transmisi manual secara benar, dan jangan belokkan stir kemudi saat ban tidak bergerak.

5. Hati-hati Memilih Bahan Bakar

Pilih bahan bakar beroktan tinggi untuk membuat mesin lebih bersih. Hal ini karena proses pembakaran bisa lebih sempurna dan premature combustion bisa dicegah.

6. Cek Radiator dan Sistem Elektronik

Cairan di dalam radiator tidak boleh kering dan perlu diganti secara rutin sesuai kondisi masing-masing. Jika tidak, suhu mesin bisa overheat. Cek juga sistem elektronik mobil seperti kabel dan sekring, karena jika ada yang putus dan tidak ketahuan bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

7. Periksa Sistem Pengereman dan Ban

Lepas rem tangan agar brake pad, brake shoe, dan brake disc tidak lengket atau macet ketika mobil digunakan. Jika BMW kamu menggunakan transmisi otomatis, pastikan posisinya “P” agar mobil tidak bergerak saat diparkir.

Lalu untuk ban, tambahkan tekanan angin secara berkala hingga 3.5 bar untuk menghindari kerusakan ban karena tekanan tidak rata.

8. Panaskan Mobil

Meski jarang dipakai keluar, kamu tetap harus memanaskan mesin dan AC mobil BMW secara rutin setidaknya 2x seminggu. Durasinya cukup 20 menit dengan memutar mesin minimal 200 rpm. Bersamaan dengan ini, buka seluruh kaca pintu agar sirkulasi dalam kabin berganti.

Buat kamu yang penasaran dengan harga mobil BMW dan mungkin tertarik meminangnya, maka bisa mengajukan pembelian di SEVA. Ada sistem kredit dengan jangka waktu hingga 60 bulan. Proses pengajuannya cepat dan mudah dengan fitur Instant Approval.