Salah satu komponen yang paling vital pada motor adalah sistem pengereman. Dan unsur yang terdapat pada sistem pengereman ini salah satunya adalah kampas rem.

Kampas Rem

Kampas rem pada motor itu sendiri berperan dalam membantu menekan piringan cakram, sehingga ban atau roda pada motor akan berhenti berputar. Berkat adanya kampas rem inilah yang membuat proses pengereman berlangsung dengan cepat dan singkat.

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Motor

Agar sistem pengereman motor Anda dapat bekereja dengan optimal, dan kampas rem juga awet dan tahan lama, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Gunakan Kampas Rem Asli

Tips yang pertama adalah dengan selalu memakai komponen kampas rem yang asli atau original. Dan tentu saja kampas rem ini harus sesuai standar dan spesifikasi motor Anda.

Kampas rem palsu memang memiliki harga yang murah. Namun tentu saja akan menawarkan kualitas yang sangat kurang dan tidak akan seawet kampas rem yang asli.

2. Rutin Bersihkan Kampas Rem

Cara mudah yang kedua dalam merawat kampas rem adalah dengan rajin dan rutin membersihkannya. Apalagi jika sudah memasuki musim penghujan, di mana motor Anda akan lebih sering terpapar guyuran air hujan.

Maka kampas rem akan mjudah kotor dan harus segera dibersihkan. Kampas rem yang terdapat kotoraan akan membuat performanya menjadi kurang.

Selain itu, cara membersihkan kampas rem juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencucinya dengan air dan pastkan kotoran yang menempel seperti debu dan pasir tidak ada lagi di kampas rem motor Anda.

3. Berikan Jarak antara Kampas Rem & Piringan Cakram

Agar kampas rem motor Anda dapat bekerja dengan baik, maka dibutuhkan adanya jarak bebas antara kampas dengan piringan cakram. Adanya jarak ini akan menghindari terjadinya gesekan antara keduanya sebelum tuas rem digunakan.

4. Lumasi Bearing atau Laher Motor

Mungkin melumasi bearing merupakan sesuatu yang banyak dilupakan oleh pemilik motor. Bearing atau dikenal juga dengan laher merupakan sebuah komponen yang berperan guna mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di velg.

Agar semuanya dapat bekerja dengan optimal, maka laher ini harus selalu dalam kondisi terlumasi. Pasalnya, bearing secara tidak langsung juga akan membantu dalam membuat kampas rem menjadi lebih awet dan performanya mantab.

5. Jangan Biasakan Mengerem Mendadak

Tips yang terakhir dalam amerawat kampas rem, memaksimal kinerjanya dan menjadikannya lebih awet adalah tidak membiasakan untuk mengerem mendadak.

Selain berbahaya bagi pengendara motor, penggunaan rem secara endadak juga akan membuat kampas rem mudah rusak, cepat aus dan menjadi tidak awet.