adplus-dvertising
Sunday , September 25 2022
Ciri ciri Oli Mobil yang Bagus, Jangan Mudah Terkecoh

Ciri-ciri Oli Mobil yang Bagus, Jangan Mudah Terkecoh!

Pentingnya mengetahui ciri-ciri oli mobil yang bagus untuk kendaraan kesayangan Anda. Apabila membutuhkan perawatan mobil, bengkel mobil terpercaya akan sangat bermanfaat. Hadirnya Otoklix bukanlah bengkel, namun platform yang membantu booking service dengan bengkel yang menjadi mitranya. Anda bisa percayakan layanan perawatan dan perbaikan mobil terbaik. Pastinya yang memberikan layanan transparan serta memudahkan. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix tersedia berbagai macam pilihan sesuai kebutuhan.

Perlu Anda ketahui bahwa memilih oli mesin mobil yang tepat akan berpengaruh pada usia komponen di dalam mesin. Oli mesin mobil atau minyak pelumas mesin adalah cairan kental yang fungsinya untuk merawat seluruh komponen dalam mesin. Pastinya juga akan menambah usia pakai atau life time mesin. Lapisan-lapisan dalam oli yang bagus akan mencegah terjadinya gesekan antar logam komponen mesin. Selain itu, akan menghindari keausan, melindungi komponen dari karat, serta membersihkan dinding mesin.

Ketahui Ciri-Ciri Oli Mobil yang Bagus untuk Diketahui

Pemilihan oli mesin memang perlu untuk Anda lakukan dengan benar. Hal ini karena salah dalam memilih oli mesin akan berdampak buruk bagi berbagai komponen dalam mesin. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam memilih oli mobil yang bagus.

1. Warna Oli Jernih

Oli mesin yang bagus biasanya memiliki warna tampak jernih. Secara umum, oli mesin berwarna coklat, namun ada juga warna lainnya yang juga banyak digunakan oleh produsen pembuat oli. Misalnya seperti penggunaan warna merah, warna kuning, atau bahkan warna hijau. Meskipun warna oli mesin ini ada berbagai macam, namun ciri-ciri oli mesin yang bagus tetap berwarna jernih, tidak pekat, serta tidak keruh.

Oli mesin yang dijual dari pihak produsen otomotif, kebanyakan memang memiliki warna oli yang jernih. Selain itu, juga tidak keruh dan tidak berwarna pekat. Pastinya, oli yang menjadi rekomendasi pihak pabrikan secara umum selalu berkualitas bagus.

2. Terasa Licin Saat Diraba

Untuk mengetahui oli mesin yang bagus yakni oli mesin terasa licin saat diraba menggunakan kedua jari. Sesuai dengan fungsinya sebagai pelicin dan pelumas sehingga oli yang diraba ini akan terasa licin. Biasanya oli mobil juga tidak bisa larut dalam air. Untuk memastikannya, setelah membuka kemasan oli, sentuhlah oli menggunakan jari telunjuk.

Selanjutnya usapkan pada bagian ibu jari. Apabila oli terasa licin dan tidak kesat, maka bisa dipastikan oli mesin tersebut masih bagus. Sebaiknya hindari penggunaan oli mesin yang terasa kesat dan mudah hilang saat disiram air.

3. Aroma dan Wangi Oli Tidak Berbau Menyengat

Tak hanya warna oli yang jernih, namun ciri-ciri oli mesin yang bagus biasanya memiliki aroma wangi yang tidak berbau menyengat. Jenis oli mesin memang memiliki bau khas yang unik. Oleh karena itu, Anda bisa membedakannya meski oli tersebut sudah digunakan. Oli yang tidak berbau menyengat berarti melalui proses produksi yang natural. Sementara aroma oli yang menyengat berarti ada penggunaan pewangi yang kemungkinan tidak cocok dengan karakteristik mesin mobil Anda.

4. Menggunakan Kemasan yang Sulit Dipalsukan

Setiap produsen oli tentu ingin selalu melindungi produknya dari tindakan pemalsuan. Salah satu caranya yakni menggunakan kemasan-kemasan khusus dengan desain yang sulit ditiru. Misalnya dengan menggunakan desain tutup kemasan yang terus berkembang dan berubah tiap tahunnya. Anda bisa menggunakan stiker hologram dan menggunakan bahan yang rusak sekali pakai. Selain itu, juga menggunakan desain kemasan oli yang berbeda. Anda perlu mencari informasi terlebih dahulu mengenai kemasan terbaru dari oli mesin yang akan digunakan.

5. Tidak Meninggalkan Kotoran pada Bagian Dalam Kemasan

Ciri-ciri oli mesin yang bagus selanjutnya yakni bisa terlihat dari kemasan setelah menuang oli hingga habis. Anda bisa memperhatikan pada bagian dasar dalam kemasan oli tersebut. Oli yang bagus biasanya tidak meninggalkan kotoran dan endapan pada bagian dasar kemasannya. Namun apabila menjumpai adanya endapan dalam kemasan setelah menuang oli hingga habis, maka perlu mewaspadai oli tersebut.

6. Warna Oli Berubah Hitam Setelah Penggunaan

Untuk mengetahui oli mesin yang bagus yakni warna oli berubah menjadi hitam setelah penggunaan. Saat baru mengisikan oli ke dalam mesin, warnanya tampak jernih. Setelah sekian lama penggunaan oli, warnanya harus berubah menjadi hitam pekat. Ciri ini berarti oli mesin bekerja dengan baik untuk membilas dan mengalirkan sisa-sisa kotoran hasil pembakaran mesin. Apabila warna oli tidak berubah, kemungkinan oli tidak bersirkulasi atau kualitas oli yang tidak baik. Hal ini hanya akan membuat kerusakan pada mesin.

Ciri-ciri oli mesin yang bagus menjadi hal penting untuk diperhatikan. Apabila membutuhkan bengkel ganti oli, maka bisa menggunakan Otoklix. Otoklix memiliki mitra sebanyak 2.000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harga yang dikenakan transparan dan diberitahu pada awal booking. Harganya jauh lebih hemat dari harga servis di bengkel resmi. Bahkan jaminan service bergaransi 30 hari setelah pengerjaan serta biasa bayar di bengkel mitra.