Masa anak-anak memang Merupakan masa untuk bermain. Bahkan anak-anak belajar banyak hal melalui kegiatan bermain. Jadi ketika memilih mainan selain membuat anak bahagis, sebaiknya mainan juga mengandung nilai edukasi dan bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Pada usia 2 tahun, anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Fase ini bisa dikatakan merupakan fase kelulusan dari fase bayi. Anak usia 2 tahun sangat aktif untuk mempelajari banyak hal, mulai banyak berbicara, belajar berinteraksi, menunjukkan emosi dan belajar melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana.

Ada pula yang mengatakan bahwa usia ini anak memasuki masa golden age, dimana pada fase ini anak mengalami perkembangan signifikan baik dari segi kepribadian maupun kemampuan.

Untuk memenuhi kebutuhan anak agar dapat mencapai perkembangan yang optimal, anak membutuhkan sarana belajar yang mumpuni. Salah satunya dengan mainan edukatif.

Mainan Edukasi untuk Anak 2 Tahun

Untuk memilih mainan yang sesuai Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Secara umum, inilah mainan yang dapat Anda pilih untuk anak usia 2 tahun:

1. Mainan untuk Melatih Gerak Motorik Halus

Salah satu yang perlu dilatih pada anak-anak berusia 2 tahun adalah kemampuan motorik halus. untuk menunjang kemampuan ini, Anda dapat memilih mainan yang membuat anak perlu menggerakkan jari-jarinya, contohnya: Mainan balok-balok yang dibongkar-pasang, bermain origami sederhana dan bermain puzzle.

2. Mainan Melatih Daya Imajinasi

Pada usia 2-3 tahun anak adalah peniru ulung. Untuk melatih kemampuan imajinasinya Anda dapat melatih anak dengan permainan peran. Seperti masak-masakan untuk berperan menjadi koki atau ibu, mengasuh boneka, bermain peran sebagai dokter, montir bahakan pemadam kebakaran. Latihlah imajinasinya sebanyak mungkin.

3. Mainan Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Mulai usia 2 tahun anak sudah lebih banyak berbicara dan mampu menanggapi pertanyaan. Pilihlah mainan yang dapat meningkatkan pengetahuan kosakata dan kemampuan komunikasi anak. Seperti: bermacam flashcard mulai nama buah, pekerjaan, hewan dan bebagai kosakata lain, belajar menyanyi lagu sederhana.

4. Mainan untuk Meningkatkan Kreativitas

Karena perkembangan otak anak pada usia ini juga sangat pesat, latihlah kreativitas anak melalui mainan. Maina jenis ini sangat banyak di pasaran, antara lain: lego, plastisin, pasir dan juga drawing board

5. Permainan Olahraga untuk Mengasah Motorik Kasar

Selain motorik halus, anak juga harus dilatih motorik kasarnya agar terdapat koordinasi yang baik antara otak, tangan, dan kaki. Selain melatih motorik kasar, kebiasaan olahraga juga akan membiasakan anak untuk banyak bergerak dan menjaga hidup sehat. Permainan olahraga yang cocok untuk anak usia 2 tahun antara lain: lempar tangkap bola, bola basket mini dan juga belajar menendang bola.